• shopee-bigramadhansale-1920x745
Apa Perbedaan Tulang Hasta dan Tulang Pengumpil Berdasarkan Letaknya

Apa Perbedaan Tulang Hasta dan Tulang Pengumpil Berdasarkan Letaknya?

Apa Perbedaan Tulang Hasta dan Tulang Pengumpil Berdasarkan Letaknya? – Pada tubuh manusia, tersusun oleh beberapa tulang. Jenis tulang yang cukup membingungkan bagi masyarakat adalah tulang hasta dan juga tulang pengumpil. Kedua jenis tulang tersebut terdapat pada lengan kita. Hal yang cukup membingungkan adalah kedua tulang tersebut memiliki bentuk yang hampir sama. Nah, di dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja perbedaan tulang hasta dan tulang pengumpil.

Perbedaan Tulang Hasta dan Tulang Pengumpil

Untuk mengetahui apa saja perbedaan kedua tulang satu ini, berikut ulasannya.

1. Berdasarkan letaknya

Tulang pengumpil berada di bagian lateral dari tulang hasta. Sedangkan tulang hasta ada di bagian sisi medial pada bagian lengan bawah.

2. Berdasarkan bentuk dan luasnya

Tulang pengumpil memiliki bentuk seperti pipa dan juga memanjang dan saling terhubung. Tulang tersebut juga membentang dari siku sampai ibu jari. Dari segi luasnya, tulang pengumpil terlihat lebar pada bagian atas dan semakin mengecil atau menyempit saat ke bawah.

Official Store Pyfa Health

Tulang hasta juga memiliki bentuk pipa. Akan tetapi, yang membedakan adalah panjangnya. Mulai dari siku hingga jari kelingking. Bisa dikatakan, panjangnya segaris dengan tulang kelingking. Untuk luasnya pun kebalikan dari tulang pengumpil. Mulai dari kecil dari bagian atas, lalu ke bagian bawah semakin melebar.

3. Berdasarkan fungsinya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi tulang pengumpil lebih fokus untuk melekatkan otot lengan sebagai penggerak tangan. Sedangkan tulang Hasta lebih banyak untuk gerakan memutar pada lengan.

Setelah mengetahui perbedaan tulang hasta dan tulang pengumpil berdasarkan letaknya, mari kita cari tahu apa itu tulang hasta dan tulang pengumpil serta fungsi-fungsinya berikut ini.

Pengertian dan Fungsi Tulang Hasta

Tulang hasta adalah salah satu jenis tulang manusia yang letaknya ada di bagian dalam lengan. Saat telapak tangan dihadapkan ke depan, maka tulang hasta bisa terlihat. Sedangkan pada bagian lainnya, ada tulang lengan bawah yang dinamakan radius. Beberapa fungsi tulang hasta pada manusia adalah sebagai berikut.

  • Memberikan fleksibilitas untuk bagian sendi siku.
  • Bekerja sama dengan tulang pengumpil agar bisa menyusun lengan bawah pada bagian tangan manusia.
  • Digunakan sebagai tulang pendukung untuk lengan bawah sehingga memungkinkan adanya gerakan pada tangan.
  • Menyimpan berbagai mineral dan juga menghasilkan sel-sel darah untuk sumsum tulang belakang.
  • Menunjang kerangka lengan manusia sehingga lengan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Tempat melekatnya berbagai otot lengan atas. Lalu, berfungsi juga untuk menempelkan lengan bawah dengan bagian ulna. Dengan begitu, lengan, tangan dan juga bagian pergelangan tangan bisa digerakan dengan bebas.

Pengertian dan Fungsi Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil adalah salah satu jenis tulang yang berada di bagian sikut dan juga pergelangan tangan. Lokasi tulang ini persis di sebelah tulang hasta. Tulang jenis satu ini disambungkan dengan interosseous ligament atau merupakan sebuah jaringan yang mempunyai serat sangat tebal. Beberapa fungsi utama tulang pengumpil pada manusia adalah sebagai berikut.

  • Sebagai penyusun kerangka pada lengan bagian bawah. Ditambah lagi, juga dapat digunakan sebagai bagian dari kerangka di bagian alat gerak atas. Hal ini menggunakan istilah ekstremitas.
  • Memiliki peran untuk melekatkan berbagai otot yang terdapat pada lengan.
  • Dipakai untuk gerakan rotasi atau memutar pada lengan. Sebab, di sana ada sendi putar.
  • Untuk gerakan bengkokan tangan. Sebab, di sana terdapat sendi engsel.
  • Memiliki perang untuk melakukan berbagai gerakan pergelangan tangan maupun bagian sendi dan otot.
  • Berperan untuk membentuk sendi peluru dengan cara kerja sama antara tulang pengumpil, tulang hasta, dan tulang pergelangan tangan.
  • Memungkinkan terjadinya gerakan fleksi dan juga ekstensi.
  • Membantu lengan sehingga dapat mengangkat benda berat ke atas.

Demikian beberapa perbedaan tulang hasta dan tulang pengumpil berdasarkan letaknya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *