• shopee-bigramadhansale-1920x745
Apa Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Apa Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga? Simak Berikut Ini!

Apa Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga – Apakah kamu selalu melakukan pemanasan setiap akan melakukan olahraga? Karena, kebanyakan orang belum sungguh-sungguh memahami apa saja manfaat pemanasan sebelum melakukan olahraga. Bahkan, kebanyakan hanya sekadar melakukannya saja tanpa mengetahui maksud tujuannya dan melakukannya dengan benar.

Padahal, melakukan gerakan pemanasan sebelum berolahraga adalah hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya, tanpa disadari gerakan pemanasan memegang kunci yang cukup penting agar bisa berolahraga dengan baik dan maksimal. Apabila kamu tidak melakukan pemanasan, akan mungkin terjadi risiko kejadian fatal yang bisa kamu alami saat berolahraga seperti cedera tubuh.

Selain memungkinkan risiko kecelakaan, melakukan pemanasan juga memiliki manfaat lainnya untuk tubuh, lho. Nah berikut ini sejumlah manfaat yang dapat diperoleh tubuh apabila melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Apa Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga?

Apa saja manfaat pemanasan sebelum olahraga? Jangan diabaikan, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Official Store Pyfa Health

1. Meningkatkan stamina

Melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga akan mengendurkan otot dan tendon kamu yang akhirnya akan bermanfaat untuk mengurangi kelelahan otot dan meningkatkan aliran darah. Karena, durasi olahraga yang semakin lama akan makin banyak energi yang dibakar, hal ini biasanya akan menyebabkan lelah.

Oleh karena itu, melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu akan menunda timbulnya kelelahan otot dengan memastikan oksigen mengalir secara efisien melalui darah kamu sehingga meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Melakukan pemanasan sebelum berolahraga juga dapat meningkatkan aliran darah ke otot tidak hanya akan membantu mengurangi rasa sakit sebelum olahraga dan mempersingkat waktu pemulihan. Tak hanya itu, sirkulasi darah yang baik juga akan meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan.

Perlu diketahui, bahwa sirkulasi darah yang lebih besar dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel dan fungsi organ tubuh kamu. Dengan sirkulasi darah yang baik, denyut jantung juga akan lebih rendah karena tidak harus bekerja dengan keras dan tekanan darah akan menjadi lebih merata dan konsisten.

3. Baik untuk pernapasan

Gerakan-gerakan pemanasan sebelum olahraga yang biasa dilakukan sangat erat kaitannya dengan pola pernapasan. Karena umumnya, bagi seseorang yang tidak terbiasa olahraga akan mengalami sesak saat langsung diforsir terlalu banyak tenaganya. Alasan itulah yang menyebabkan melakukan pemanasan penting dilakukan untuk membuat sirkulasi udara menjadi lebih stabil saat tahap olahraga inti.

Ingin membeli suplemen dan vitamin agar tubuh selalu sehat? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Mengurangi stres

Melakukan pemanasan ternyata juga dapat mengurangi stres, lho. Gerakan pemanasan tidak hanya bermanfaat untuk fisik saja, melainkan juga untuk mental kamu. Apabila seseorang melakukan pemanasan yang sedikit lebih lama, dipercaya akan meningkatkan mood seseorang untuk berolahraga. Rasa stres ataupun depresi dapat hilang karena efek relaksasi yang didapatkan karena aliran darah dan oksigen lancar.

5. Meningkatkan kelenturan

Gerakan pemanasan juga dapat menjaga kelenturan tubuh karena ada beberapa kasus terjadi, tubuh menjadi kaku menimbulkan sensasi nyeri ketika digerakkan dengan volume tinggi. Karena dengan melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga akan membuat otot yang kaku tersebut dapat sedikit dilenturkan agar tidak menimbulkan rasa nyeri yang berarti.

6. Mengurangi risiko cedera

Seperti telah disinggung sebelumnya, bahwa pemanasan dapat mengurangi risiko cedera karena dapat membantu untuk memasok pasokan nutrisi yang lebih besar ke otot. Dengan begitu, apabila terjadi cedera, rasa nyeri otot akan mengurang dan membantu mempercepat pemulihan dari cedera otot dan sendi.

7. Menstabilkan detak jantung

Biasanya, detak jantung akan berdegup kencang saat berolahraga. Meskipun hal ini termasuk hal yang biasa, tetap saja hal ini tidak boleh disepelekan begitu saja. Karena apabila irama detak jantung terlalu cepat daat memberikan efek yang mengkhawatirkan jika tidak diatur dengan baik. Pemanasan sebelum olahraga berfungsi untuk menstabilkan detak jantung.

Nah, itulah beberapa manfaat pemanasan sebelum olahraga. Jadi, jangan abaikan pemanasan, ya! Agar olahraga semakin terasa manfaatnya, konsumsi juga suplemen dan vitamin untuk menyehatkan tubuh.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin Agar Tubuh Selalu Sehat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *