• shopee-bigramadhansale-1920x745
Apa Manfaat Lidah Buaya? Simak Berikut Ini

Apa Manfaat Lidah Buaya? Simak Berikut Ini

Apa Manfaat Lidah Buaya – Lidah buaya termasuk jenis tanaman hias yang sering ditemukan di pekarangan rumah. Di negara tropis seperti Indonesia, mengembangbiakan lidah buaya cukup mudah dilakukan. Kalau kamu perhatikan, satu pot lidah buaya saja bisa menghasilkan beberapa anakan untuk dipindah ke pot lain.

Sebenarnya, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lidah buaya atau aloe vera berkhasiat menjaga kesehatan kulit hingga bagian dalam tubuh. Penggunaannya bisa diberikan dari luar tubuh atau dimasukkan ke dalam tubuh dengan olahan minuman. Lantas, apa saja manfaat dari lidah buaya? Simak berikut ini.

Apa Manfaat Lidah Buaya?

Lidah buaya adalah jenis tanaman hias yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lantas, apa manfaat lidah buaya? Simak berikut ini.

1. Melembapkan kulit dan mencegah keriput

Jika kamu membelah lidah buaya, kamu akan menemukan bahwa daging lidah buaya itu diselimuti gel. Gel lidah buaya ini yang akan menyehatkan kulitmu. Pasalnya, gel lidah buaya mudah diserap oleh kulit, bahkan untuk kelompok jenis kulit berminyak.

Official Store Pyfa Health

Kalau kamu ingin memiliki kulit yang lembap, coba oleskan lidah buaya setiap sesudah mandi. Untuk jangka waktu yang panjang, lidah buaya juga akan memperlambat proses penuaan dini. Gel lidah buaya memicu peningkatan produksi kolagen dan elastisitas kulit, sehingga dapat mencegah keriput.

Baca Juga: 6 Vitamin untuk Kulit Cantik dan Sehat.

2. Menyembuhkan luka bakar

Manfaat lidah buaya untuk kulit memang banyak. Bukan hanya baik untuk perawatan kulit, tapi juga ampuh untuk mengobati luka yang timbul di kulit. Misalnya ketika kamu mengalami luka bakar.

Luka bakar menimbulkan rasa panas yang mengganggu pada kulit. Untuk meredakannya, cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya ke bagian kulit yang mengalami luka bakar. Selain dapat menenangkan, lidah buaya juga akan mempercepat proses regenerasi di dalam kulit.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Lidah buaya tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai obat luar. Kamu juga bisa mengolahnya menjadi minuman segar. Di Kalimantan Barat, es lidah buaya bahkan menjadi salah satu jenis oleh-olehnya.

Mengonsumsi lidah buaya dapat memperlancar sistem pencernaan. Hal ini disebabkan ada kandungan antrakuinon di dalam lidah buaya yang memberikan efek pencahar. Tapi, kamu perlu berhati-hati dalam membersihkan dan mengolahnya, agar lidah buaya ini memberikan rasa manis di lidah.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Mengatasi Gerd

Gerd atau gastroesophageal reflux disease adalah sejenis penyakit asam lambung yang bisa menyerang siapa saja. Rasanya akan sangat mengganggu kesehatan kamu, terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Kalau kamu mengalami Gerd, bukan tidak mungkin kamu sering sendawa, merasa mual, dan timbul rasa nyeri di ulu hati. Gejala Gerd seperti ini bisa diredakan dengan mengonsumsi jus lidah buaya. Tapi untuk awal, cobalah perlahan dan jangan berlebihan.

Baca Juga: Inilah 5 Jus untuk Penderita Asam Lambung.

5. Mendukung kesehatan rongga mulut

Manfaat lidah buaya tidak terbatas pada kulit dan sistem pencernaan. Rongga mulut juga bisa mendapatkan khasiat dari penggunaan lidah buaya. Hal ini bisa diperoleh jika kamu menggunakan obat kumur dan pasta gigi yang memiliki kandungan lidah buaya di dalamnya.

Lidah buaya dalam produk obat kumur atau pasta gigi, akan membersihkan rongga mulut dari resiko infeksi jamur atau radang gusi. Di sisi lain, lidah buaya juga dapat mengurangi jumlah plak gigi yang memicu gigi berlubang.

6. Menurunkan gula darah

Kadar gula darah yang tinggi akan menurunkan kondisi kesehatan tubuh. Penyakit yang berkaitan dengan gula darah disebut diabetes. Diabetes sendiri ada banyak lagi tipenya.

Diabetes yang bisa diredakan oleh lidah buaya adalah diabetes tipe 2 atau kondisi di mana kadar gula darah berada di atas batas normal. Jika kamu mengalami diabetes tipe 2, cobalah mengonsumsi jus lidah buaya sebanyak dua sendok makan di setiap harinya selama dua minggu.

Cara mengonsumsi lidah buaya ini akan membantu tubuh menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Di sisi lain, kadar trigliserida juga dapat diturunkan ke kondisi normalnya.

7. Meredakan sariawan

Manfaat lain dari lidah buaya adalah meredakan sariawan. Sariawan dapat timbul pada kondisi tertentu, misalnya kekurangan vitamin C. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin ini di dalamnya.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Sariawan di Lidah dengan Mudah.

Studi-studi menunjukkan lidah buaya cukup efektif membantu meredakan sariawan. Oleskan lidah buaya pada bagian mulut yang mengalami sariawan. Lidah buaya juga akan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan sariawan ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *