• shopee-bigramadhansale-1920x745
Apa Itu Stretch Mark

Apa Itu Stretch Mark? Ini Cara Pencegahannya

Apa Itu Stretch Mark – Apakah kamu pernah melihat adanya guratan pada bagian tubuh? Nah, beberapa guratan tersebut dinamakan stretch mark. Pada dasarnya, stretch mark bisa menimpa siapa saja, baik itu wanita maupun pria. Akan tetapi, stretch mark ini menjadi masalah bagi kaum hawa.

Apa Itu Stretch Mark?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa stretch mark adalah sebuah guratan-guratan yang muncul pada kulit. Biasanya, guratan ini muncul di sekitar lemak terkonsentrasi seperti payudara, perut bagian atas, lengan, pantat, dan juga paha.

Guratan stretch mark ini pada awalnya adalah warna merah. Namun, seiring dengan berjalannya waktu akan berubah menjadi merah muda, ungu, bahkan hingga menjadi putih atau kelabu. Hal tersebut sangat bergantung pada warna kulit penderitanya.

Penyebab Terjadinya Stretch Mark

Perlu kamu ketahui juga bahwa tidak semua orang pasti mengalami stretch mark. Keadaan seperti ini hanya dialami oleh seseorang yang kulitnya sedikit kolagen atau juga protein sehingga kulitnya menjadi lentur. Ditambah lagi, stretch mark bisa terjadi karena tubuh lebih cepat tumbuh dari perkembangan normal.

Official Store Pyfa Health

Pada saat kulit meregang secara cepat karena bertambahnya berat badan, maka lapisan tengah kulit atau dermis menjadi tipis. Akibatnya, lapisan yang ada di bawah muncul ke permukaan dan terjadilah fenomena stretch mark. Selain itu, beberapa kondisi penyebab munculnya stretch mark adalah sebagai berikut.

  • Terjadi kehamilan.
  • Berat badan yang meningkat jauh.
  • Memiliki anggota keluarga yang punya riwayat stretch mark.
  • Mengalami pubertas, yakni tubuh berkembang sangat cepat. Contohnya pada laki-laki, stretch mark ditemukan pada bahu dan juga punggung. Sedangkan pada anak perempuan muncul di sekitar pinggul, paha, dan juga payudara.
  • Memiliki riwayat penyakit tertentu, contohnya sindrom marfan dan sindrom cushing.
  • Mengonsumsi obat-obatan kulit yang salah.

Ingin membeli produk obat untuk mengurangi atau menghilangkan stretch mark? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Tanda-tanda Tubuh Terkena Stretch Mark

Biasanya, orang-orang yang memiliki stretch mark akan merasakan guratan di sekitar tubuh. Bahkan, beberapa guratan tersebut menimbulkan gatal yang cukup parah. Nantinya, guratan tersebut akan berubah warnanya menjadi putih dan akan menghilang pada beberapa bulan atau bahkan tahun.

Baca Juga: Apa Saja Penyebab Payudara Terasa Nyeri dan Kencang?

Cara Mencegah Stretch Mark

Pada dasarnya, stretch mark bukanlah sesuatu yang memberikan efek buruk layaknya penyakit. Hanya saja, bagi sebagian orang, munculnya stretch mark bisa mengganggu penampilan. Untuk bisa mencegah timbulnya stretch mark, kamu bisa ikuti tips berikut ini.

1. Selalu jaga berat badan secara ideal

Sebelumnya, sudah dibahas bahwa stretch mark bisa muncul karena pertumbuhan berat badan yang cepat. Maka dari itu, cara tepat untuk mencegahnya adalah dengan menjaga berat badan dalam kondisi yang sangat ideal.

Memang hal ini cukup sulit dilakukan, namun usahakan untuk bisa menjaga berat badan agar tidak berlebihan. Paling tidak, berat badan tidak boleh kurang dari setengah kilogram setiap minggu. Hal tersebut bisa meminimalisir terjadinya stretch mark.

2. Menjaga pola makan

Menjaga berat badan sangat erat kaitannya dengan pola makan. Selalu makan-makanan sehat dan segar bisa menjaga kesehatan kulit. Cobalah untuk membiasakan diri dengan konsumsi sumber makanan Vitamin E, C, protein, dan juga seng. Jika bingung, kamu bisa konsultasikan pada dokter kulit untuk lebih yakin tentang pola makan ini.

3. Menjaga pertambahan berat badan saat hamil

Wanita hamil tentunya lebih sulit untuk menjaga berat badannya. Secara umum, wanita hamil akan bertambah berat badanya sekitar 10 sampai 12,5 kg. Oleh sebab itu, wanita hamil lebih rentan terkena stretch mark.

Meskipun begitu, dia masih bisa mengontrol pertambahan berat badannya sambil memasyikan janin di dalam kandungan dalam keadaan sehat. Cobalah untuk konsultasi pada dokter kandungan untuk masalah ini.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih.

Demikian pengertian apa itu stretch mark dan cara pencegahannya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Berikut ini adalah produk-produk yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi atau menghilangkan stretch mark di tubuh.

Rekomendasi Obat untuk Mengurangi atau Menghilangkan Stretch Mark

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *