• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Akibat Kurang Tidur dan Solusinya

Inilah 4 Akibat Kurang Tidur dan Solusi Mengatasinya

Akibat Kurang Tidur dan Solusinya – Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi sepertinya halnya makan dan minum. Pasalnya, tubuh juga membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas. Apabila kebutuhan akan tidur tidak terpenuhi, tentu dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Bagi tubuh, tidur memiliki peran yang amat penting. Karena ketika tidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik kondisi fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun pagi, serta siap menjalani aktivitas sepanjang hari. Tak hanya itu saja, tidur juga ikut membantu proses tumbuh kembang, terutama pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan. Lalu, apa akibat yang terjadi jika kita kurang tidur?

Akibat Kurang Tidur dan Solusinya

Kurang tidur dapat berdampak buruk pada tubuh. Ketahui apa saja risiko akibat kurang tidur dan cara mengatasinya berikut ini.

1. Risiko terserang penyakit

Pada sebuah studi ditemukan bahwa sebanyak 9 dari 10 orang yang menderita insomnia ternyata juga menderita berbagai penyakit serius. Gangguan tidur insomnia merupakan kondisi seseorang yang susah tidur atau sulit tidur nyenyak.

Apabila tubuh tidak mendapatkan tidur yang cukup, penyakit serius yang dapat diderita oleh penderita insomnia adalah penyakit jantung, baik berupa gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, maupun serangan jantung. Hal ini bisa terjadi karena tidur memiliki peran penting dalam kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung.

Tak hanya penyakit jantung saja, penderita insomnia juga lebih berisiko mengidap diabetes, obesitas, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, serta masalah kesehatan mental seperti gangguan mood dan kecemasan.

2. Menurunnya performa seks

Jika kamu kurang tidur, salah satu akibat yang dapat muncul adalah turunnya hasrat untuk melakukan hubungan seksual dan memiliki tingkat kepuasan seksual yang lebih rendah. Bukan tanpa sebab, kurang tidur dapat membuat hasrat dan ketertarikan berkurang akibat kelelahan, rasa kantuk, dan meningkatnya stres karena kurang tidur.

Pada sebuah studi dipaparkan bahwa pria yang kurang tidur juga lebih berisiko mengalami lemah syahwat. Sedangkan pada pria yang mengidap sleep apnea, di mana terdapat masalah pernapasan yang mengganggu tidur, kemungkinan ada faktor lain yang berdampak kepada kurangnya minat seksual, yaitu kadar hormon testosteron. Diketahui, bahwa setidaknya setengah dari pria penderita sleep apnea dilaporkan memiliki kadar testosteron yang rendah.

Ingin membeli obat herbal alami untuk memperbaiki kualitas tidur? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Mudah lupa

Ketika tidur, otak akan mulai memasukkan hal-hal yang telah dipelajari dan dialami sepanjang hari ke dalam sistem ingatan jangka pendek. Selain itu, otak juga akan menyusun koneksi saraf yang mendukung ingatan seseorang mengalami penguatan saat seseorang tertidur.

Apabila kamu tidak memiliki tidur yang cukup, otomatis kemampuan otak dalam mengolah dan menyimpan ingatan pun akan mengalami gangguan dan membuat kamu akan jadi lebih mudah lupa.

4. Mempercepat penuaan dini

Jika kamu memiliki kualitas tidur yang buruk dan sering tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka kulit akan menjadi kusam, timbul kerutan halus, dan terdapat lingkaran hitam di bawah mata. Penyebabnya terjadi akibat meningkatnya produksi hormon kortisol pada orang yang kurang tidur. Perlu diketahui, bahwa hormon kortisol yang berlebihan dapat menghancurkan kolagen, yang berfungsi menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit.

Kondisi kurang tidur yang kamu alami juga menyebabkan berkurangnya produksi hormon pertumbuhan, yang berperan dalam meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang. Hal itulah yang kemudian menyebabkan penuaan dini terjadi lebih cepat.

Baca Juga: Yuk, Simak Ciri-ciri Kualitas Tidur yang Baik Berikut Ini.

Cara Mengatasi Gangguan Tidur

Lantas, bagaimana cara mengatasi gangguan tidur? Simak berikut ini.

1. Ubah pola hidup

Pada dasarnya, penerapan pola hidup sehat dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Kamu dapat memulai gaya hidup yang sehat dengan mengonsumsi makan tinggi serat dan vitamin, rutin berolahraga, mengelola stres, dan menghindari alkohol, rokok, serta obat-obatan terlarang.

2. Konsultasikan ke ahlinya

Jika kamu sudah mencoba merubah pola hidup dan cara itu belum membuahkan hasil. Cobalah untuk mengkonsultasikannya ke ahlinya seperti dokter ataupun psikolog. Kamu mungkin akan diarahkan untuk melakukan psikoterapi atau diberikan obat-obatan berdasarkan rekomendasi dari psikiater.

Namun, jika kamu masih sering mengalami gangguan tidur di malam hari, kamu bisa memperbaiki kualitas tidur kamu dengan mengonsumsi obat herbal alami untuk memperbaiki gangguan tidur, seperti Insoven dari Pyfa Health. Selamat mencoba!

Rekomendasi Obat Herbal Alami untuk Memperbaiki Kualitas Tidur

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *