• shopee-bigramadhansale-1920x745
Agar Otak Selalu Pintar Seperti Nam Do San, Ini Cara Meningkatkan Fungsi Kognitif

Agar Otak Selalu Pintar Seperti Nam Do San, Ini Cara Meningkatkan Fungsi Kognitif

Agar Otak Selalu Pintar Seperti Nam Do San, Ini Cara Meningkatkan Fungsi Kognitif – Nam Do San menjadi salah satu karakter yang sedang digilai banyak orang karena perannya yang memukau di sebuah drama Korea yang sedang tayang berjudul “Start Up”. Di dalam drama tersebut, Nam Do San digambarkan sebagai pria yang memiliki otak jenius dan mahir dalam bidang pemrograman komputer.

Kepintaran Nam Do San juga sudah terbukti sejak masa kanak-kanak. Sejak kecil, ia sudah berhasil memenangkan medali olimpiade matematika termuda. Otaknya yang cemerlang, menjadi pesona tersendiri yang dimiliki Nam Do San hingga banyak orang ingin bekerja sama dengannya.

Tetapi, apakah kepintaran Nam Do San hanya bisa kita temui di cerita fiksi belaka? Jawabannya tentu tidak. Karena untuk meningkatkan kecerdasan otak, dapat dilakukan dengan meningkatkan fungsi kognitifnya. Nah, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara untuk meningkatkan fungsi kognitif agar memiliki kecerdasan yang dengan Nam Do San!

Apa Itu Fungsi Kognitif?

Fungsi kognitif adalah kemampuan dalam mengembangkan potensi akal manusia. Terdapat sejumlah tahapan keterampilan yang merupakan kemampuan kognitif, seperti pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.

Official Store Pyfa Health

Kemampuan kognitif tidak hadir begitu saja, melainkan merupakan sesuatu hal yang dapat dikembangkan dan dilatih. Tidak mengenal usia, fungsi kognitif ini dapat dilatih oleh seorang anak balita maupun bagi mereka yang sudah dewasa lho. Namun, tentu keahlian yang sudah diterapkan sejak lebih dini akan lebih mudah terserap oleh seseorang. Lantas, bagaimana cara meningkatkan fungsi kognitif?

Ingin membeli suplemen atau vitamin untuk kebutuhan harian? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Meningkatkan Fungsi Kognitif

Nah, untuk meningkatkan fungsi kognitif tersebut, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan.

  • Perkaya pengetahuan dengan membaca

Seseorang yang rajin membaca buku secara langsung melatih kemampuan otak. Aktivitas membaca akan menjauhkan kamu dari kepikunan. Membaca juga merupakan kegiatan yang luar biasa dalam menstimulasi kemampuan otak atau kognitif kamu. Karena dengan membaca, kemampuan otak untuk berimajinasi dan cara berpikir kritis akan terus terlatih dan berkembang. Oleh karenanya, biasakan kegiatan membaca yang bisa dimulai dari sekarang. Caranya, kamu dapat meluangkan waktu setidaknya 30 menit untuk membaca buku sebelum tidur.

  • Rutin berolahraga

Kamu juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif dengan cara berolahraga. Meski dianggap sederhana, aktivitas olahraga sudah tak terbantahkan menjadi salah satu cara efektif untuk menjalani pola hidup sehat. Karena tubuh yang sehat dan bugar dapat menyokong fungsi kognitif seseorang. Pada sejumlah penelitian juga disebutkan bahwa rajin berolahraga dapat mengurangi risiko penurunan otak karena usia, meningkatkan daya ingat, mengurangi demensia, dan menstimulasi kesehatan sel-sel otak.

  • Tidur cukup dan teratur

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk bisa meningkatkan kemampuan kognitif adalah dengan memiliki tidur malam yang mencukupi. Karena, istirahat yang cukup di malam hari akan membuat kamu memilki pikiran yang lebih tajam saat bangun keesokan harinya. Setelah tubuh dan otak terpakai seharian untuk berpikir, otak butuh istirahat dan tentunya tidur tidak hanya mengistirahatkan tubuh, tapi juga otak kamu.

Apabila kamu tidak tidur setidaknya 6-7 jam sehari, maka kemampuan tubuh dan otak akan menurun. Alhasil, kamu akan lebih mudah diserang stres dan tidak dapat berpikir secara jernih. Jadi, biasakanlah tidur teratur di malam hari dan tidak begadang, ya.

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi

Asupan makanan yang tepat yang masuk ke tubuh dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Terdapat banyak jenis makanan yang punya manfaat besar bagi otak kamu, terutama yang mengandung Omega 3 (DHA), tinggi protein, multivitamin, dan rendah lemak.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu fungsi kognitif dan bagaimana cara meningkatkan fungsi kognitif agar selalu pintar seperti Nam Do San. Jadi, perhatikan poin-poin di atas, ya. Atau, jika perlu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen untuk menjaga fungsi kognitif agar selalu berfungsi dengan baik, misalnya saja seperti Memorex dari Pyfa Health.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *