• shopee-bigramadhansale-1920x745
10 Makanan Penurun Kolesterol

10 Makanan Penurun Kolesterol, Apa Saja?

10 Makanan Penurun Kolesterol – Salah satu faktor penentu kadar kolesterol di dalam tubuh kita adalah makanan. Apalagi, sekarang kita sering menemukan berbagai jenis makanan baru yang dapat menggugah selera. Akan tetapi, di balik makanan yang enak tersebut dapat memicu penyakit yang membahayakan tubuh seperti kolesterol.

Seberapa Besar Efek Makanan Terhadap Kolesterol?

Pengaruh makanan pada kadar kolesterol sangat berkaitan dengan kandungan lemak jenuh, lemak trans, karbohidrat, gula, dan juga kolesterol itu sendiri. Jika kamu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tersebut, maka semakin besar potensi kolesterol dalam tubuh.

Oleh sebab itu, dokter dan juga ahli kesehatan memberikan saran untuk para penderita kolesterol tinggi untuk memilih makanan penurun kolesterol. Pilihan makanan ini juga ikut berpengaruh pada kadar LDL, trigliserida, dan juga kolesterol secara keseluruhan. Beberapa daftar makanan penurun kolesterol adalah sebagai berikut.

10 Makanan Penurun Kolesterol

Inilah daftar 10 makanan penurun kolesterol. Dengan begitu, kamu bisa paham apa saja makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi.

Official Store Pyfa Health

1. Gandum

Makanan pertama yang bisa menurunkan kolesterol adalah gandum. Satu porsi sarapan gandum dapat memberikan serat sebanyak 1 hingga 2 gram yang larut dalam air. Kamu pun bisa menambahkan buah-buahan sebagai tambahan serat. Untuk jenis gandum yang bisa kamu gunakan antara lain biji gandum, jali, maupun gandum utuh. Perlu kamu ketahui, kandungan serat dalam gandum bisa mengurangi penyerapan kolesterol di dalam pembuluh darah.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Kacang juga sangat kaya dengan serat yang larut dalam air. Apalagi, kacang-kacangan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna dalam tubuh. Dengan begitu, kamu bisa merasakan kenyang yang lebih lama dibandingkan makanan lainnya.

3. Alpukat

Buah alpukat juga sangat pas untuk penderita kolesterol tinggi. Di dalam alpukat terdapat nutrisi dan juga lemak tak jenuh tunggal. Hal tersebut membuat alpukat tidak hanya dapat menurunkan kolesterol saja, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan jantung, khususnya untuk penderita obesitas. Kamu bisa mengonsumsi buah alpukat secara mentah atau bisa ditambahkan sayuran lain seperti mentimun maupun salad sayuran.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun tidak mengandung lemak trans dan juga kandungan lemak jenuhnya sangat rendah. Hal tersebut membuat minyak zaitun cocok sebagai makanan penurun kolesterol. Kamu bisa memasak makanan dengan minyak zaitun tersebut.

5. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3. Zat tersebut sangat pas untuk mengurangi kandungan trigliserida di dalam tubuh. Hal itu juga bisa mengurangi risiko adanya tekanan darah maupun penggumpalan darah di dalam tubuh. Ditambah lagi, lemak omega 3 memiliki efek yang bagus untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kolesterol? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

6. Bawang putih

Sudah lama bawang putih digunakan sebagai salah satu produk kesehatan. Salah satunya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Meskipun saat ini bawang putih lebih sering digunakan sebagai penyedap rasa, namun kandungan di dalamnya bisa untuk kesehatan.

7. Jeruk

Buah jeruk merupakan salah satu makanan yang populer di kalangan masyarakat. Selain memiliki kandungan vitamin C untuk menambah daya tahan tubuh, jeruk juga bisa mengatasi permasalahan kolesterol tinggi. Memakan jeruk bisa membuang kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

8. Kakao

Kakao atau cokelat merupakan salah satu kudapan yang lezat karena rasanya yang manis. Di balik rasanya yang nikmat, cokelat juga bisa digunakan sebagai makanan penurun kolesterol. Namun, perlu diperhatikan bahwa jenis cokelat yang pas untuk menurunkan kolesterol adalah biji cokelat utuh. Artinya, bukan cokelat yang sudah diolah menjadi makanan lain.

9. Kentang

Kentang memiliki banyak kandungan seperti pektin, protein, kalium, vitamin, hingga antioksidan. Apalagi, kentang juga dapat meredakan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Maka dari itu, kamu bisa makanan kentang untuk alternatif makanan penderita kolesterol tinggi.

10. Stroberi

Makanan terakhir yang bisa menurunkan kolesterol adalah stroberi. Meskipun memiliki rasa asam dan manis, namun stroberi memiliki banyak nutrisi dan mineral seperti vitamin, serat, dan folat. Serat di dalam stroberi sangat cocok untuk dapat menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Berapa Kadar Kolesterol Normal Pada Wanita?

Demikian daftar 10 makanan penurun kolesterol. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Jaga terus kadar HDL kolesterol normal kamu dengan rajin mengonsumsi makanan-makanan sehat atau suplemen untuk menjaga kadar kolesterol berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kolesterol

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *